SOSIALISASI SISTEM PERTANIAN ORGANIK PADA KELOMPOK MIRIMOI

  • Jun 25, 2024
  • aswan hanafi

Simau 25 Juni 2024 sosialisasi yang dilakukan Balai penerapan instrumen pertanian (BPIP) Provinsi Maluku utara tahun 2024'

Penyuluhan sebagai proses pendidikan atau proses belajar diartikan bahwa, kegiatan penyebarluasan informasi dan penjelasan yang diberikan dapat merangsang terjadinya proses perubahan perilaku yang dilakukan melalui proses pendidikan atau kegiatan belajar. Pendidikan yang dimaksud di sini tidak berlangsung vertikal yang lebih bersifat “menggurui”, tetapi merupakan pendidikan orang dewasa yang berlangsung horizontal dan lateral (Mead, 1959) yang lebih bersifat “partisipatif” sebagai proses belajar bersama.

PENYULUHAN SEBAGAI PROSES PERUBAHAN SOSIAL Penyuluhan tidak sekadar merupakan proses perubahan perilaku pada diri seseorang, tetapi merupakan proses perubahan sosial. Pada proses ini terjadi perubahan-perubahan hubungan antar individu dalam masyarakat, termasuk struktur, nilai-nilai, dan pranata sosialnya seperti demokratisasi, transparansi, supremasi hukum, dan lain-lain. Perubahan-perubahan tersebut mencakup banyak aspek, termasuk perubahan politik dan ekonomi yang dalam jangka panjang secara bertahap mampu diandalkan menciptakan pilihan-pilihan baru untuk memperbaiki kehidupan masyarakatnya. Contohnya pada saat ini kegiatan penyuluhan tidak lagi didasarkan pada kepentingan ‘dari atas’ yang sering dilakukan secara topdown, namun didasarkan pada ciri khas setiap lokasi sesuai dengan kebutuhan sasaran penyuluhan.