PENYERAHAN SK BADAN TAKMIL II MESJID DESA SIMAU OLEH KUA KECAMATAN GALELA KAB. HALUT

  • Oct 19, 2023
  • aswan hanafi

Kamis 19 Oktober 2023 Penyeraha  SK Takmil 2 Mesjid Desa Simau Kec.Galela Kab. Halmahera Utara Oleh KUA/Mewakili

Masjid merupakan bangunan yang menjadi tempat umat Islam melaksanakan ibadah kepada Allah SWT. Namun fungsi masjid bukan sekedar itu saja, sebab masjid dibangun untuk mempersatukan umat Islam. Maka dari itu, perawatan masjid sangatlah dibutuhkan. Salah satunya adalah adanya takmir masjid.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), takmir merupakan pengurus masjid. Sementara menurut KH Abdul Aziz Masyuhuri dalam karyanya yang berjudul Kamus Super Lengkap Istilah-Istilah Agama Islam (2018:490) takmir masjid atau amaratul masjid merupakan upaya, kegiatan, perbuatan meramaikan, dan menyemarakaan masjid dengan kegiatan keagamaan yang dapat membawa seseorang kepada ridha dan rahmat Allah SWT.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulakan bahwa takmir masjid adalah seorang atau beberapa orang yang mendapatkan amanat untuk meramaikan masjid dengan amalan-amalan kepada Allah SWT serta membantu para jamaah masjid.

Ilustrasi tugas takmir di dalam sebuah masjid.

Tugas Pokok Takmir Masjid

Menjadi seorang takmir masjid bukalah pekerjaan yang ringan. Sebab ia tidak memperoleh upah yang memadai, namun harus rela mengeorbankan waktu dan tenaganya untuk kebaikan masjid.

Pada penjelasan di atas, takmir masjid merupakan pengawas dan pengurus. Pengawas untuk segala fasilitas masjid yang ada dan juga mengurus kegiatan masjid setiap waktu datangnya shalat berjamaah.

Selain itu, takmir juga memiliki tanggung jawab besar dalam membenahi masjid yang diurusnya.

Fungi Takmir Masjid

1. Takmir sebagai pengelola masjid

2. Takmir sebagai penjaga masjid

Takmir yang bertugas sebagai penjaga masjid adalaha menjaga adab-adab dan hukum-hukum masjid yang berlaku.

3. Takmir sebagai pemelihara masjid.